Pringsewu – (GS) – Meluapnya Sungai Way Mincang di Kecamatan Pardasuka membuat banjir bandang di beberapa pekon yang ada di kecamatan setempat, Selasa (5/1/2020) malam sekitar pukul 19.00 wib.

Banjir bandang tersebut membuat ratusan rumah di beberapa pekon yang ada di Kecamatan Pardasuka rusak parah, demikian dikatakan oleh Kepala BPBD Pringsewu, Edi Sumber Pamungkas saat dikonfirmasi via telepon.

Baca Juga :   Tingkatkan Sinergitas, Danramil 03/Serengan jalin Silaturahmi dengan Camat Serengan

“Ada lima pekon yang paling parah terkena banjir bandang. Yaitu Pekon Pardasuka, Tanjung Rusia, Tanjung Rusia Timur, Kedaung, dan Sukanegeri,” ungkapnya.

Menurut Edi, selain sungai yang meluap, wilayah Pardasuka sebelumnya sempat hujan deras dan angin kencang sejak pukul 18.00 wib.

“Karena luapan sungai tersebut, hampir ratusan rumah warga terendam banjir, dengan ketinggian air sampai 1 meter,” paparnya.

Baca Juga :   Secara Sukarela, Warga Kampung Andalas Cermin Serahkan Senpi Rakitan ke Polsek Rawa Pitu

Kemudian, lanjut dia, untuk pekon yang terdampak rusak parah adalah Pekon Tanjung Rusia. Dengan kondisi fasilitas umum kantor Pekon yang rusak akibat genangan air.

Saat ini, warga yang rumahnya terkena banjir diungsikan ke tempat-tempat terdekat dengan menginap di rumah saudara atau tetangga yang tidak terkena banjir.

“Malam ini yang bisa kita lakukan adalah bergotong-royong membersihkan sisa-sisa banjir, merapihkan pohon-pohon yang rubuh dan besok pagi kita akan melakukan gotong royong massal,” pungkasnya.

Baca Juga :   Kantor Bupati Tulang Bawang Di Gruduk Puluhan Masa Demo

Penulis : Redaktur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here