Menu

Mode Gelap

Berita Terkini · 18 Mei 2023 20:23 WIB ·

Tulang Bawang Barat Raih WTP Yang Ke-12 Secara Beruntun


					Tulang Bawang Barat Raih WTP Yang Ke-12 Secara Beruntun Perbesar

Dengarkan postingan ini

Tulang Bawang Baratgemasamudra.com

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung, Yusnadewi S.E., M.Si., Ak., CA., CSFA menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemkab Tulang Bawang Barat, pada Rabu (17/05/2023) bertempat di auditorium BPK, Bandar Lampung.

Opini WTP yang ke-12 secara beruntun ini diterima langsung oleh Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Dr. Zaidirina, S.E., M.Si. atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk Tahun 2022.

Klik Gambar

Dalam sambutannya, Yusnadewi mengatakan, pemeriksaan hasil laporan keuangan merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Baca Juga :   DPRD Tubaba Sidang Paripurna Raperda Pertanggung Jawaban APBD 2022

“Undang undang nomor 15 tahun 2004, pasal 17 ayat (2) mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP kepada lembaga perwakilan dan pimpinan entitas sesuai dengan tugas dan kewenangannya,” ujar Yusnadewi.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan, lanjut dia, bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan, bukan kebenaran suatu laporan.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan Kabupaten Tulang Bawang Barat mendapat opini WTP dengan penekanan suatu hal. Penekanan suatu hal, merupakan penekanan pada suatu hal yang dimasa depan, kalau tidak diperbaiki, bisa berdampak materiil, ” terangnya lebih lanjut.

Baca Juga :   Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Kunjungi SDS Bahari Al Islam untuk Memantau ANBK

Khusus untuk Tulang Bawang Barat BPKP Provinsi Lampung memberi beberapa penekanan, seperti pada pendapatan restribusi daerah.

Disamping itu pengelolaan belanja daerah tidak memadai sehingga mengakibatkan timbulnya resiko terganggunya pelaksanaan program yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Selain Kabupaten Tulang Bawang Barat, BPK Perwakilan Lampung juga menyerahkan LHP untuk enam kabupaten lainnya, yakni Tulang Bawang, Lampung Barat, Lampung Timur, Pesisir Barat, Pesawaran dan Pringsewu.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Lalat Imbas Dari Kandang Ayam

Turut pula hadir bersama Pj Bupati dalam acara ini Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Inspektur dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat. (Hd)

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Mata Sang Rajawali: Kupas Tuntas Isu Jual Beli LKS SDN Tempurejo 02 Bersama Wali Murid Dan Komite

14 Juni 2024 - 03:00 WIB

Dana Desa 2024 Tahap I Pekon Purwodadi Fokus Pembangunan Fisik

12 Juni 2024 - 19:33 WIB

Mendekati Idul Adha : Sat Reskrim Polsek Metro Pusat Tangkap Pelaku Pencurian Kambing

12 Juni 2024 - 17:47 WIB

Dua Oknum Wartawan di Tubaba Ditangkap Saat Akan Mengisap Sabu di Kontrakan

22 Mei 2024 - 21:25 WIB

Pekon Sinarwaya Gunakan Dana Desa Tahun 2024 untuk Kegiatan Pemberdayaan dan Pembangunan Fisik

21 Mei 2024 - 18:56 WIB

Dukungan Laskar Merah Putih untuk Pj. Bupati Qudrotul Ikhwan di Pilkada Tulang Bawang

21 Mei 2024 - 01:39 WIB

Trending di Lampung