Menu

Mode Gelap

Berita Terkini · 3 Apr 2024 21:51 WIB ·

Bangun Balai Tiyuh Desaign Lokal Kuno, Masyarakat Gedung Ratu Tubaba Dibawa Bernostalgia


					Bangun Balai Tiyuh Desaign Lokal Kuno, Masyarakat Gedung Ratu Tubaba Dibawa Bernostalgia Perbesar

Dengarkan postingan ini

Tulang Bawang Barat – gemasamudra.om

Masyarakat Tiyuh (Desa) Gedung Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bekerjasama tolong menolong atau bergotong royong membangun kantor Tiyuh pada Minggu, 06 Agustus, 2023.

Uniknya, meski kini telah menginjak era globalisasi modern, masyarakat disana membangun kantor Tiyuh mereka dengan struktur bangunan lokal kuno sehingga nantinya mereka dapat bernostalgia.

Klik Gambar

Pemerintah Tiyuh Gedung Ratu sengaja mendesaign sedemikian rupa bertujuan untuk membangkitkan kembali nilai budaya lokal yang ada di Kabupaten berjuluk Ragem Sai Mangi Waway itu.

Baca Juga :   Buronan Pencuri Hewan Ternak Diringkus Polres Tuba

Dengan begitu, ketika masyarakat setempat berkunjung ke kantor Tiyuh untuk mendapatkan pelayanan nantinya mereka akan dibawa flash back atau kilas balik pada zaman dahulu kala.

Juaini Bandarsyah, Kepala Tiyuh setempat menjelaskan bahan utama pembuatan kantor ini iyalah gelondongan kayu yang setiap batangnya memiliki filosofi tersendiri.

“Desaign pembangunan balai Tiyuh ini merupakan salah satu bentuk kecintaan warga Tubaba khususnya Tiyuh Gedung Ratu terhadap sejarah masa lampau. Dengan begitu nantinya dapat memberikan contoh maupun pemahaman pada generasi muda tentang sejarah masyarakat Lampung,” jelas Juaini.

Baca Juga :   Diduga Depresi, Kakek di Jember Nekat Gantung Diri

Kepala Tiyuh yang akrab disapa Pakju ini juga mengatakan pembangunan kantor Tiyuh tersebut bersumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh tahun 2023 senilai Rp.128.000.000.

“Pembangunan ini menggunakan APBT Tiyuh Gedung Ratu yang sebelumnya sudah kita musyawarahkan wacana pembangunan ini bersama BPT dan masyarakat. Saya juga berharap masyarakat dapat melestarikan budaya asli Lampung dengan menjaga sifat kekompakan dalam bergotong royong bersama seperti yang kita lakukan saat ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Jelang Nataru, Harga Cabai Merah Melambung Tinggi

Selain itu, Iwan Setyawan Camat Tulang Bawang Udik yang juga ikut bergotong royong disana mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pemerintah Tiyuh Gedung Ratu.

“Iya kita mengapresiasi ya, tentunya dengan pembangunan balai Tiyuh dengan desaign seperti ini selain mereka berinovasi tetapi mereka juga menumbuhkan nilai budaya dimasa lampau,” tandasnya Iwan. (HD)

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Dualisme Pengurus Pusat, Ahmaf Fijayyudin Ketua PD IWO Pringsewu Jelaskan Kepengurusannya Belum Tergantikan

18 Mei 2024 - 09:56 WIB

Kenalkan Produk Teknologi Korea Di Jember PT ATOMY Indonesia Temui Korwil MGG Jember

17 Mei 2024 - 10:04 WIB

Kepala Pekon Tegineneng Limau Kuat Dugaan Lakukan Pelecehan Seksual

15 Mei 2024 - 11:36 WIB

Realisasikan Dana Desa 2024 Pekon Kutawaringin untuk Pembuatan WC dan Sumur Bor Posyandu

13 Mei 2024 - 13:18 WIB

Juara 1 Marematika Korwil MGG Jember Berikan Ucapan Selamat Pada Adelia Siswi SDN Karangsono 03

13 Mei 2024 - 00:10 WIB

Peran Aktif Penanganan Kasus Stunting, TP PKK Pekon Pandansari Selatan Gelar Penyuluhan

11 Mei 2024 - 22:40 WIB

Trending di Berita Terkini