Menu

Mode Gelap

Berita Nasional · 24 Jul 2024 19:36 WIB ·

PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak Menggunakan Mesin Trash Mulcher Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektif Penanaman Tebu


PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak Menggunakan Mesin Trash Mulcher Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektif Penanaman Tebu Perbesar

Jatim, GemaSamudra.com – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 5 Kebun Kalitelepak, Banyuwangi, terus berinovasi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas tebu. Kali ini, PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak menghadirkan teknologi baru untuk mengatasi seresah tebu pasca musim tebang.

Teknologi tersebut adalah dengan menghadirkan mesin Trash Mulcher yang berfungsi mencacah seresah tebu agar dapat terdokomposisi dalam tanah.

Manajer PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak, Banyuwangi, Hastudy Yunarko, mengatakan dengan menggunakan mesin Trash Mulcher seresah tebu sisa panen dikembalikan ke lahan sebagai sumber bahan organik yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tanah serta menjaga produktivitas tanaman tebu. 

Klik Gambar

“Ini merupakan upaya kami dalam penerapan trash management atau manajemen seresah tebu guna melindungi tanah, memperbaiki sifat fisik tanah dan mempersubur tanah,” katanya.

Koko sapaan akrab Manajer PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak menambah, seresah tebu yang menumpuk di tanah pasca musim tebang dapat menghambat penyerapan air dan nutrisi oleh tanaman tebu.

Baca Juga :   Persaingan Sengit di Pilkada Tulang Bawang: Reka Punnata Unggul sebagai Calon Bupati Teratas

Kami mempunyai cara untuk mengatasi masalah seresah tebu ini. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan mesin Trash Mulcher,” ujarnya.

Koko menjelaskan bahwa mesin Trash Mulcher bekerja dengan cara mencacah seresah tebu menjadi potongan-potongan kecil. Potongan-potongan kecil seresah tebu tersebut kemudian akan tercampur dengan tanah dan terurai secara alami.

“Dengan menggunakan mesin Trash Mulcher, seresah tebu dapat terdokomposisi dalam tanah lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan kesuburan tanah dan membantu pertumbuhan tebu,” terangnya.

Trash Mulcher lanjut dia, adalah salah satu step pekerjaan dalam budidaya tebu dengan mekanisasi traktor yang bertujuan untuk menambah tanah pada pangkal/pokok tanaman tebu. Mesin pencacah seresah tebu menggunakan penggerak traktor roda empat yang mudah dioperasikan.

“Selain mudah dioperasikan dengan mesin ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas, sehingga mampu meningkatkan produksi tebu,” jelas Koko.

Baca Juga :   SKB Kota Metro Bersama DPC AJOI Bagikan Sembako kepada Masyarakat Tidak Mampu

PTPN I Regional 5 Kebun Kalitelepak, lanjut Koko telah menggunakan mesin Trash Mulcher di semua area kebun tebu. Hasilnya, seresah tebu dapat terurai lebih cepat dan pertumbuhan tebu menjadi lebih optimal.

“Kami akan terus mengembangkan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas tebu di Kebun Kalitelepak,” pungkasnya.

Korwil Jatim Holiyadi

 

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Thamrin Gugat Bawaslu ke PN Jember, di indikasikan Kerja gak Becus

18 Oktober 2024 - 11:34 WIB

Deklarasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Dukung Gus Fawait di Pilkada Jember, Demi sebuah Perubahan

13 Oktober 2024 - 20:07 WIB

Menjalankan Ibadah Umroh Dengan Kepala Desa Nogosari Bersama Warga Desa Nogosari

12 Oktober 2024 - 12:42 WIB

Untuk Pencegahan Panwascam Ajung Gelar Sosialisasi Netralitas ASN

11 Oktober 2024 - 08:39 WIB

Pj Bupati Marindo Minta IWO Pringsewu Miliki Ciri Khas

9 Oktober 2024 - 13:39 WIB

Semangat dan Dedikasi Yang Tinggi Seni Bela Diri PSHT Rayon Banjarsengon Ranting Patrang.

2 Oktober 2024 - 07:09 WIB

Trending di Daerah