Menu

Mode Gelap

Berita Terkini · 4 Des 2023 19:38 WIB ·

Reformasi Birokrasi Merupakan Upaya Pemerintah Capai Pemerintahan Yang Baik.


					Reformasi Birokrasi Merupakan Upaya Pemerintah Capai Pemerintahan Yang Baik. Perbesar

Dengarkan postingan ini

TULANG BAWANG BARATgemasamudra.com

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) KabupatenTulang Bawang Barat, Senin (4/12/2023).

Sosialisasi berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Setkab Tubaba, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Tubaba Ir. Novriwan Jaya, SP. menghadirkan pemateri Sekretaris Dinas Komunikasi informatika Persandian dan Statistik (Diskominsantik) Kabupaten Sumedang Arif Syamsudin, Spd. M.T

Klik Gambar

Membacakan sambutan Bupati, Novriwan Jaya mengatakan, Perubahan tata kelola pemerintahan dalam layanan administrasi pemerintah dan layanan publik menjadi lebih efektif dan efisien hanya dapat dilaksanakan dengan proses digitalisasi melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau (SPBE).

Baca Juga :   SD Pertiwi Teladan Kota Metro memeriah kan Hari Guru Nasional Dengan Mengadakan Berbagai macam lomba

“SPBE jelas tidak mungkin kita abaikan, terlebih diera disrupsi informasi dan disrupsi teknologi menuntut kita semua harus dapat menjadi pemerintahan yang adaptif terhadap perkembangan zaman” Kata Sekda.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, lanjut Sekda menjadi pedoman dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas segenap elemen penyelenggara pemerintah yang akan selalu adaptif terhadap kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Ketua Tim penyelenggaraan SPBE Kabupaten Tubaba ini juga mengatakan , Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai pemerintahan yang baik.

Baca Juga :   Hj.Winarti SE MH Serahkan Santunan Untuk Veteran dan Bagikan SK ASN Periode April 2019 Saat Peringati Hari Pahlawan

Pada Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sekda Novriwan Jaya juga memaparkan tentang Reformasi Birokrasi menuju Good and Clean Governance.

“Reformasi birokrasi diartikan sebagai upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).” jelas Sekda dalam paparannya.

Sementara melalui paparan Sumedang Digital Transformation (Transformasi Digital Sumedang) Arif Syamsudin mengatakan, bahwa tantangan ditahun 2018, saat era ekosostem digital belum terbangun, indeks SPBE di Sumedang sangat rendah, yakni di angka 2,48.

Baca Juga :   Produksi APD dan Masker, UMKM di Kecamatan Ambarawa Kebanjiran Pesanan

“Setelah Ekosistem digita di Sumedang tetbangun, di tahun 2022 indeks SPBE naik menjadi 3,84. Kenaikan Indeks SPBE ini lebih disebabkan karena kami sudah menerapkan tata kelola pemerintahan berbasis digital” ujar dia.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Tulang Bawang Barat, dihadiri dan diikuti Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tubaba, Bayana, Inspektur Inspektorat Kabupaten Tubaba, Kepala Dinas/Badan/Bagian dan Camat se Tubaba. (HD)

Facebook Comments Box

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Sikapi Dugaan Money Politics, AMPG Pringsewu Desak DPD Partai Golkar Gelar Rapat Pleno

24 Februari 2024 - 00:00 WIB

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raup 55 Ribu Suara Di Pringsewu, Modal Signifikan Pilkada Pringsewu 2024

23 Februari 2024 - 12:12 WIB

Jelang Ramadhan, Kapolres Bersama Forkopimda Tulang Bawang Barat Cek Komoditi Ketersediaan Bahan Pokok

23 Februari 2024 - 06:29 WIB

Kepala Kampung Ujung Gunung Ilir Berterima Kasih Atas Pasar Murah Yang Di Adakan Pemkab Tuba

22 Februari 2024 - 20:39 WIB

Diskeswan Tubaba Adakan Sekolah Lapang Guna Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak

21 Februari 2024 - 16:12 WIB

Suyadi Caleg DPRD Pringsewu Partai Golkar Dilaporkan Dugaan Money Politik

20 Februari 2024 - 19:33 WIB

Trending di Berita Terkini