Lampung Timur – (GS) – Manfaatkan Dana Desa tahun 2020, Desa Brawijaya, Kecaamtan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur bangun Gelora Pemuda Brawijaya. Demikian dikatakan Kepala Desa Brawijaya Sukadi, Rabu (18/11/2020).

“Tahun ini alhamdulilah kita masih bisa membangun Gelora Pemuda Brawijaya, walaupun sempat terkendala oleh wabah Covid-19,” kata dia.

Lebih lanjut Sukadi mengatakan, sebelum Dana Desa direalisasikan dalam bentuk pembangunan desa, baik fisik maupun non fisik, perangkat desa dan masyarakat melakukan musyawarah baik di tingkat dusun, tingkat desa hingga tingkat kecamatan.

Baca Juga :   Kapolres AKBP Andy Siswantoro,S.IK. Kunjungi Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Wilayah Hukum Polres Way Kanan

“Hasil musyawarah terkait apa saja yang akan kami bangun menggunakan Dana Desa. Kami tuangkan kedalam anggaran APBDes,” ujarnya.

Menurut Sukadi , pelaksanaan fisik pembangunan desa diserahkan sepenuhnya kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

“Saya tegaskan kepada TPK untuk melaksanakan pembangunan desa sesuai dengan RAB dan gambar,” imbuhnya.

Sukadi mengatakan, setiap hendak memulai pekerjaan, TPK diharap melakukan koordinasi dengan pendamping lokal desa (PLD) yang selalu pro aktif mengawasi program kegiatan pembangunan Desa Brawijaya.

Baca Juga :   Ultimatum Menyerah Jelang Fajar,Tragedi Mako Brimob

Selain itu, lanjut dia, Dana Desa juga digunakan untuk kegiatan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat Desa Brawijaya

“Untuk pengadaan barang dan jasa juga kegiatan pelatihan yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada di pemerintahan desa dan masyarakat desa Brawijaya tentunya,” ucapnya.

Ditambahkan dia, dalam pelaksanaannya melibatkan masyarakat desa setempat agar tercipta pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   Polres Tuba Jaring Puluhan Pelanggar di Menggala, Iptu Ipran : Ini Rinciannya

“Pembangunan ini untuk masyarakat. Jadi, warga desa yang harus mengerjakannya. Tujuannya, selain menambah penghasilan warga, juga hasil pembangunan dapat dirasakan langsung oleh warga,” pungkasnya.

Penulis : (M Jaelani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here