Gambar Tangga Raja Tulang Bawang

Cerita Rakyat – Cerita tentang tanggaraja yang konon dulunya menjadi salah satu tempat transitnya untuk para raja dan Dermaga bagi tamu kerajaan Tulang Bawang. Selain itu konon ceritanya tempat tersebut juga menjadi tempat mandi para raja Karena itulah disebut tangga raja.

Tempat tersebut beralamat di lingkungan Ujung Gunung Ilir (UGI) Kecamatan Manggala. tepatnya di bawah pertigaan jalan satu (straat 1) Kecamatan Menggala. Kabupaten Tulang Bawang. Provinsi Lampung.

Baca Juga :   Pondok Pesantren Bahari Al Islam Terandam Banjir

Sekarang tangga Raja ini dibangunkan Monumen sebagai petilasan berupa Tugu Jung bertahta. di situ pula berdiri tegak bangunan pendopo berukuran sekitar 12X12 M. di bagian atas pada seluruh Sisi di hias dengan ukiran kayu bermotif Jung (perahu), di pagar serambi keliling setinggi 1 Meter yang terbuat dari kayu, di bawahnya juga dihiasi ukiran dengan motif Muli Lampung di atas perahu, berlantai keramik berwarna tanah Lampung, bangunan ini panggung yang disangga dengan setinggi sekitar 4 meter.

Baca Juga :   Warga Resah Keberadaan Penggilingan Gabah PT.Putra Mandiri Mencemari Pemukiman

Jika berkunjung di tempat tersebut, kita akan temui pemandangan sungai yang indah dengan pemandangan sungai alami yang khas akan pedesaan. di sana terdapat perahu – perahu kecil yang terparkir dan perahu bertenaga motor melintas bersama nelayan, sehingga membuat mata sejuk ditambah Badan terasa dingin Terhempas hembusan anginnya.

Jurnalisme Warga: Yeni Selvia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here