Tulang Bawang – (GS) – Pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang yang di kerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) fokus pada program kerja yang mengacu pada dokumen tata ruang. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017-2022 Kabupaten Tuba.
Puncak Setiawan, Kadis PUPR Tuba mengatakan, selain infrastruktur jalan dan jembatan, di tahun 2020 ini akan fokus pada pembangunan sejumlah gedung pemerintahan sesuai arahan dokumen tata ruang yang mengacu pada (RPJMD) yang telah dirancang Tahun 2017-2022.
Semua rincian kegiatan pembangunan fisik yang dikerjakan oleh Dinas PUPR salah satunya adalah pembangunan ruas jalan. Alokasi dana untuk pembangunan bersumber dari Anggaran Pemerintah Pusat, yang melalui Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).
“Kita pastikan di Tahun 2020 ini Dinas PUPR akan melanjutkan pekerjaan renovasi dan pembangunan tiga tugu yang akan menjadi Icon dan berjuluk “Say Bumi Nenggah Nyappur,” ungkapnya, Senin (16/03/2020).
Lebih lanjut, Puncak menjelaskan bahwa tugu yang telah di renovasi dan dibangun pada tahap pertama merupakan hasil dari anggaran di tahun 2019, yang telah di kerjakan untuk pembangunan tiga titik tugu, di antaranya adalah Tugu Astra Ksetra, sebagai tugu perbatasan antara Kabupaten Lampung Tengah. Kemudian Tugu Garuda di Bundaran Terminal sebagai Icon kabupaten Tulang Bawang dan tugu yang akan di kerjakan di Simpang Penawar Kecamatan Banjar Margo.
”Tugu Garuda yang tempatnya berada di bundaran Terminal Menggala, merupakan salah satu Icon Kabupaten. Tempatnya sangatlah strategis berada di tengah-tengah kabupaten. Jadi harus tetap kita jaga dan pelihara dengan baik. Sesuai arahan Bupati, Tugu Garuda pekerjaan tahap keduanya akan kita laksanakan pada tahun ini,” bebernya.
Kemudian selain pembangunan tugu di Simpang Penawar, lokasi tersebut juga akan dibangun rest area.
” Nanti di Simpang Penawar akan kita tata semaksimal mungkin, agar terlihat indah dan menjadi salah satu Tugu kebanggaan masyarakat Tulang Bawang,” kata dia.
Puncak juga menegaskan semua program pembangunan infrastruktur yang akan dilangsungkan itu tentunya tidak akan berjalan maksimal jika tidak ada dukungan dari masyarakat.
”Untuk itu kami harapkan dukungan dan peran aktif masyarakat, agar seluruh program pembangunan yang telah tersusun ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik,” pungkasnya.
Penulis : Edi Supriadi
Editor : Redaktur Pelaksana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here