Listen to this article

LAMPUNG TENGAH – (GS) – Bupati Loekman Djoyosoemarto akan mengerahkan alat berat untuk membantu mengeruk saluran irigasi yang digerus erosi dan tumpukan sampah, sehingga mengakibatkan aliran air di irigasi tidak lancar atau tersumbat, di Lingkungan I Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Selasa (9/6/2020).

Saat melakukan tinjauan ke lokasi Bupati Lamteng, yang didampingi oleh Camat Terbanggi Besar, Fathol Arifin, dan Lurah Bandar Jaya Timur, Taruna Jaya, mengatakan, bahwa kunjungan ke lokasi tindaklanjut dari laporan masyarakat soal sering terjadi banjir pada saat musim hujan yang disebabkan tidak lancarnya saluran irigasi.

“Kujungan kelokasi ini untuk menindak lanjuti laporan masyarakat Lingkungan I Bandar Jaya Timur, dengan permasalahan terjadinya banjir di sekitar irigasi saat musim hujan, oleh karna itu kita melakukan pengecekan terlebih dahulu apa yang menjadi peyebab terjadinya banjir,” Ucap Bupati Loekman Djoyosoemarto.

Lanjut Bupati Loekman, bahwa akan melakukan pembersihan secara bergotong royong bersama masyarakat untuk melakukan pembersihan aliran tersebut agar irigasi berfungsi normal.

Baca Juga :   Gubernur Arinal Pastikan Bank Lampung Dalam Keadaan Sehat

“Selain menurunkan alat berat kita juga akan melakukan pembersihan aliran irigasi dengan bergotong royong dengan masyarakat untuk memperbaiki aliran air irigasi ini supaya normal pada umumnya, juga saya berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di aliran irigasi,” tegas Bupati.

Sedangkan menurut Romli, salah seorang masyarakat setempat mengatakan bahwa meluapnya saluran irigasi yang mengakibatkan sering terjadinya banjir memang pada saat musim penghujan datang. Untuk itu, iya juga berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki irigasi tersebut.

“Jika musim penghujan sering terjadinya banjir akibat luapan air irigasi yang tersumbat, oleh karna itu kami berharap kepada pemerintah daerah segera melakukan perbaikan irigasi yang berdekatan dengan pemukiman warga, karna akibatnya luapan air irigasi ini dapat membahayakan warga setempat,” harap Romli.

Lampung Tengah- Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto akan mengerahkan alat berat untuk membantu mengeruk saluran irigasi yang digerus erosi dan tumpukan sampah sehingga mengakibatkan aliran air di irigasi tidak lancar atau tersumbat, di Lingkungan I Bandar Jaya Timur, Kecamatan Terbanggi Besar, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga :   Hendak Dikonfirmasi Terkait Dugaan Penyimpangan Dana PUAP Oknum Gapoktan Lontarkan Kata-kata Ini

Loekman saat melakukan tinjauan ke lokasi irigasi juga didampingi oleh Camat Terbanggi Besar Fathol Arifin, dan Lurah Bandar Jaya Timur Taruna Jaya.

“Kujungan saya ke lokasi ini untuk menindak lanjuti laporan dari masyarakat Lingkungan I, Bandar Jaya Timur dengan permasalahan terjadinya banjir di sekitar irigasi jika sudah musim penghujan,” tutur Loekman.

Untuk itu, dilakukan pengecekan di sekitar irigasi untuk menemukan sumber masalah yang mengakibatkan banjir.

“Karena itu kita melakukan pengecekan terlebih dahulu apa yang menjadi peyebab terjadinya banjir, ” tambahnya.

Selain itu, Loekman juga mengatakan bahwa akan melakukan pembersihan secara bergotong-royong bersama masyarakat untuk melakukan pembersihan aliran tersebut agar irigasi berfungsi normal.

Baca Juga :   Irjen Pol. Dr. H. Ike Edwin, SIK., SH., MH., MM., Buka Lomba Merpati Kolong “Lamban Gedung Kuning Cup 2019” di LapKol Uruguay, Gudang Agen

“Selain menurunkan alat berat, kita juga akan melakukan pembersihan aliran irigasi dengan bergotong-royong dengan masyarakat untuk memperbaiki aliran air agar aliran air di irigasi ini normal pada umumnya. Saya juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah di aliram irigasi,” imbaunya.

Salah satu masyarakat setempat, Romli membenarkan irigasi sering banjir jika musim penghujan.

“Jika musim penghujan sering terjadi banjir akibat luapan air irigasi yang tersumbat, oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah daerah segera melakukan perbaikan irigasi yang berdekatan denagan pemukiman warga, karna akibatnya luapan air irigasi ini membahayakan warga setempat,” tutup Romli.

Penulis : Rizal
Editor : Redaktur Pelaksana

 54 total views,  54 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here