Mesuji – (GS) – Puluhan guru tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA mengikuti orientasi Pembina Pramuka Kwarcab Mesuji tahun 2020. Kegiatan dipusatkan di SDN7 Mesuji Timur, Desa Eka Mulya, Kecamatan Mesuji Timur, Sabtu (8/2/2020).

Rangkaian kegiatan dibuka oleh Ketua Kwarcab Pramuka adi Sukamto, dan jajaran pengurus beserta undangan lainnya berlangsung sukses dan meriah.

Ketua Kwarcab Pramuka Adi Sukamto menyampaikan, pramuka merupakan garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi muda. Untuk mencapai hal itu, tentunya dibutuhkan pembina-pembina yang berkualitas pula, agar dapat melakukan pembinaan kepada anggota-anggota pramuka seperti yang diharapkan.

Baca Juga :   Desa Marga Batin Realisasikan Dana Desa 2019

“Menurutnya kemampuan dan pengetahuan para pembina merupakan suatu hal mutlak, dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa sehingga diharapkan para pembina, agar optimis dalam melakukan pembinaan terhadap generasi penerus mendatang,”ujarnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Adi Sukamto menyebutkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan, dan pengetahuan para pembina agar dapat merealisasikan semua program gerakan pramuka, melalui pendidikan kepramukaan.

Pihaknya berharap pembentukan karakter yang dimulai mutlak dari pembina tersebut menghasilkan para pembina yang menguasai dan merealisasikan ilmu pengetahuan, dan dalam melakukan pembinaaan kepada anggota pramuka.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mesuji dalam hal ini melihat gugus depan merupakan ujung tombak pendidikan kepramukaan sehingga harus mampu mengatur diri sendiri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara terus-menerus, baik masukan, proses pendidikan kepramukaan maupun keluaran berbagai program dan layanan yang diberikan kepada anggotanya.

Baca Juga :   3 Tahun Dana Desa Pekon Banjar Manis Patut Dipertanyakan Realisasinya

Akreditasi Gugus depan mempunyai tujuan adalah sebagai berikut :

a. Menjamin gugus depan yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar.

b. Memotivasi gugus depan untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

Baca Juga :   Pemkab Pringsewu Terima Bantuan Hand-Sanitizer dari Chandra SuperStore

Selanjutnya akreditasi gugus depan adalah seluruh proses kegiatan evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen gugus depan terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program pendidikan kepramukaan yang akan dilakukan oleh Tim Asesor yang ditugaskan oleh Kwartir Cabang.

“Untuk menentukan kelayakan gugus depan harus menunjukkan bukti-bukti yang dipersyaratkan dalam akreditasi tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here