Listen to this article

PRINGSEWU – (GS) – Untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu terkait wabah Corona, Bupati Pringsewu Sujadi melakukan Video Conference dengan sembilan camat se Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu melakukan Video Conference dari Ruang Rapat Sekda Kabupaten Pringsewu, Jumat (27/3/20), didampingi Sekretaris Daerah Budiman dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, sedangkan para camat berada di kantor masing-masing didampingi uspika dan UPT Puskesmas setempat.

Dalam arahannya, Bupati Sujadi meminta masing-masing camat agar terus memantau kondisi di wilayahnya.

Baca Juga :   Mega Proyek Kota Metro Tidak Ada Aktifitas

” Kepada para camat juga harap memantau tempat-tempat kerumunan seperti pasar, industri, tempat pendidikan untuk mengurangi aktivitas, atau menjaga jarak sesuai Protokol Kesehatan,” ujar Sujadi dalam sambungan VC.

Selain itu, camat diminta untuk meningkatkan kerjasama dengan jajaran uspika dan perangkat pekon, serta ormas, untuk mensosialisasikan himbauan dari pemerintah.

“khususnya daerah terpencil yang kemungkinan didatangi orang atau tenaga kerja yang bekerja di daerah lain, di samping membuat surat himbauan camat untuk diteruskan ke setiap pekon, kemudian dusun untuk dipasang di tempat umum,” imbaunya.

Selain itu, Sujadi juga meminta setiap camat untuk meng-update setiap informasi, baik dari pusat, provinsi, maupun kabupaten untuk ditindaklanjuti.
“Yang paling pasti camat harus memberikan laporan secara rutin terkait perkembangan ODP dan PDP di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Babinsa,Bhabinkamtibmas Dan Linmas Sudiroprajan Pantau Tradisi Umbul Mantram Tahun 2019

Sementara itu, berdasarkan laporan dari para camat se Kabupaten Pringsewu, gugus tugas kecamatan rata-rata telah berkoordinasi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kecamatan masing-masing, dimana desa juga memasukkan kegiatan penanggulangan Covid-19 melalui Dana Desa.

Selain itu, dengan bekerjasama dengan uspika, kecamatan telah meminta setiap kegiatan di wilayahnya yang dapat mendatangkan kerumunan massa untuk ditunda.

Baca Juga :   Inspektorat turunkan Tim untuk mendalami terkait realisasi DD tahun 2017 Pekon Sukaratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu

Bahkan, sejumlah desa juga telah melakukan tanggap darurat Covid-19 menggunakan Dana Desa.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan masing-masing camat diketahui bahwa jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di sembilan kecamatan se Kabupaten Pringsewu ada sebanyak 200 orang, serta 1 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang berada di Kecamatan Pringsewu.

Penulis : MM

Editor : Redaktur Pelaksana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here