Tulang Bawang Barat(GS) – Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui Dinas Kesehatan mendeklarasikan OPEN DEFECATION FREE / ODF (Stop buang air besar sembarangan) di Aula Rapat Pemda setempat, Panaragan. Kamis (12/12/2019)

Dikatakan Perana Putra Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tubaba yang di wakili Sekretaris Dinkes Majril dalam laporannya mengatakan bahwa Open Defecation Free (ODF) merupakan salah satu pilar dari lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang kegiatannya terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam rangka merubah prilaku buang air besar sembarangan menuju prilaku hidup bersih dan sehat.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI, Nomor 3 Tahun 2014 dan PERBUP Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 44 Tahun 2018 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Baca Juga :   Pengurus PMII Pringsewu Resmi Dilantik Periode 2019-2020

“Sampai sekarang ini di Kabupaten Tulang Bawang Barat telah mampu mendeklarasikan atau meng ODF kan Tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat sebanyak 23 (dua puluh tiga) Tiyuh dari 103 (seratus tiga) Tiyuh sehingga sisa Tiyuh yang belum ODF sejumlah 35 (tiga puluh lima) Tiyuh yang rencanakan dideklarasikan pada Tahun 2020 Kabupaten Tulang Bawang Barat bisa mencapai Kabupaten yang ODF”, jelas Majril.

Ditempat yang sama juga Ketua Tim Verifikasi Provinsi Lampung Agus Setyo Widodo menyampaikan, bahwa kita telah melakukan ODF ini sejak 2013, dan sudah memberikan pelatihan-pelatihan terhadap tim-tim yang ada di kabupaten Tubaba, kami juga akan mengusulkan untuk kemajuan Tubaba, dari pendanaan untuk mendorong agar sanitasi di Tubaba bisa terpenuhi.

Baca Juga :   Inspektorat Kabupaten Pringsewu Menyerahkan Berkas Laporan Dugaan Penyimpangan DD Tahun 2017

“Kami berharap kepada teman-teman untuk melaporkan hasil Deklarasi hari ini agar bisa dapat pengakuan dari pusat. Dari hasil verifikasi kami kemarin, kabupaten Tubaba sudah bisa deklarasi di 45 Tiyuh ini, namun tentu masih ada catatan-catatan, sehingga tahun 2020 setelah mencapai ODF Kabupaten, sudah tidak ada lagi masalah-masalah di tingkat Desa,” imbuhnya.

Kemudian dalam Sambutannya juga Wakil Bupati Tulang Bawang Barat Fauzi Hasan, berharap program ini dapat dijadikan salah satu penekanan dalam penyelenggaraan pembangunan tiyuh, yaitu mewujudkan pembangunan tiyuh yang berwawasan kesehatan, yang salah satu wujud nyatanya berupa program Tiyuh Stop Buang Air Besar Sembarangan sehingga tercapai kabupaten yang ODF.

Baca Juga :   Taman Bermain Anak Diduga Dibangun Asal Jadi

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan ini, untuk mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang Barat yang sehat. Pembangunan di bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah di sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta seluruh masyarakat,dan saya minta untuk camat dan Tiyuh untuk memonitoring nya,”pungkas Wabup Tubaba.

Penulis: Pauwari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here