PRINGSEWU – (GS) – Setelah sempat heboh ada warganya yang terduga terinfeksi Korona, Kantor Pekon Sidodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu tidak membuka layanan di kantor pekon setempat, demikian dikatakan oleh Kepala Pekon Sidodadi Mubarok, Senin (23/3/2020).
Menurut Mubarok, kejadian tersebut dimulai sejak ada salah satu warganya yang baru pulang dari melakukan perjalanan keluar negeri dan merasakan gejala-gejala seperti Covid 19.
“Si DS (21) ini yang berjenis kelamin laki-laki, baru pulang dari luar negeri, setelah sebelumnya ke Jepang, Thailand, Malaysia dan kemudian ketika di Bali si DS ini merasakan sesak nafas dan flu,” ujarnya.
Setelah kepulangan DS dari luar negeri, ia langsung periksa ke Rumah Sakit Mitra Husada pada tanggal 18 Maret 2020.
“Akan tetapi hasil pemeriksaan unit radiologi RSMH pasien DS positif pneumonia, tidak terindikasi Covid berdasarkan hasil pemeriksaan dokter,” jelas Mubarok.
Menurut Mubarok, sejak kepulangan DS yang merupakan warga Dusun 1 RT 01 Pekon Sidadodi, ia diminta untuk mengisolasi kan diri di rumah dan jangan berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan sekitar.
“Atas kejadian tersebut saya mengeluarkan himbauan untuk melakukan work from home (WFH) kepada para aparatur saya. Akan tetapi tetap melakukan pelayanan di rumah kadus, kaur atau ke rumah Kakon hingga tanggal 30 mendatang,” beber dia.
Selain itu ia dan perangkat Pekon serta melibatkan masyarakat dan unsur Uspida Pekon Sidodadi langsung melakukan penyemprotan disinfektan di sembilan masjid dan musholla dan dua pondok pesantren yang ada di pekon setempat.
“Penyemprotan disinfektan menggunakan bayclean dicampur 9 liter air. Selain itu juga kami melakukan gebrak DBD dengan melakukan kebersihan lingkungan dengan gotongroyong dan membersihkan tempat yang jadi genangan air,” lanjutnya.
Selanjutnya Mubarok juga menghimbau kepada warganya yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri agar lansgung melakukan koordinasi ke pihak pekon.
“Agar kita konfirmasikan ke KUPT kita, sekalipun sudah ada surat dari kesehatan bandara. Kemudian juga saya menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perkumpulan masa,”pungkasnya.
Penulis : (Mon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here