Bonek Merayakan Gol Persebaya dengan Memeluk Kapolrestabes Surabaya
Bonek Merayakan Gol Persebaya dengan Memeluk Kapolrestabes Surabaya

Gemasamudra.com,Surabaya – Insiden kecil sebelum pertandingan antara Persebaya melawan Arema FC sempat terjadi di luar Stadion Gelora Bung Tomo. Polisi dapat mengatasi gejolak tersebut, dan pertandingan berjalan kondusif.

“Alhamdulillah, kalau saya melihat tadi dapat dikatakan pengamanannya sukses. Artinya pertandingannya dapat berjalan sesuai dengan tahapannya,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan ditemui usai menjenguk Gus Sholah di RS Graha Amerta Surabaya, Minggu (6/5/2018).

Tak hanya itu, menurut Rudi dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tidak ada kejadian besar yang merugikan. Dia mengatakan, insiden suporter lempar-lemparan merupakan hal yang wajar dan bisa diatasi.

“Tidak ada kejadian besar yang merugikan. Kalau yang lempar-lemparan itu namanya juga 55.000 orang dengan fanatisme yang seperti itu. Secara umum menurut kami terkendali,” tambahnya.

Sementara melihat beberapa anggota polisi yang cedera saat mengamankan, Rudi mengatakan ini merupakan hal yang biasa dan telah diobati.

“Biasa itu mah kalau tersandung terus jatuh dan terluka itu biasa, tapi sudah ditangani dan bisa jalan lagi. Suruh lari aja sudah bisa,” ujar Rudi.

Menurutnya insiden ini merupakan kesalahpahaman antara petugas dan bonek yang tidak diperkenankan masuk jika ada tiket. Kericuhan pun tak bisa dielakkan, namun petugas gabungan bisa mengatasi dengan menyemprotkan gas air mata hingga menurunkan anjing K9.

“Kalau untuk dorong-dorongan, ya saya kebetulan mengamankan dalam, di luar saya melihat ada miss komunikasi diantara petugas dan suporter yang tidak memiliki tiket, dan sudah bisa diatasi,” paparnya.

Sementara untuk bonek yang meminum miras sebelum menonton Persebaya, Rudi mengaku telah melakukan sweeping sejak kemarin. Dari hal ini, dia telah mengamankan puluhan bonek dari luar kota dan dalam Surabaya. Bonek-bonek ini selanjutnya tidak diperkenankan menonton laga Persebaya meskipun mereka memiliki tiket.

Baca Juga :   Pasca Kejadian Bom di Surabaya, Ini Yang Dilakukan Oleh Polres Tulang Bawang

“Sebelumnya kita amankan, kalau tadi ndak ada. Sejak kemari malam beberapa polsek mengamankan beberapa orang. 30 orang dari Bondowoso kita amankan, dan kita juga mengamankan mirasnya yang ada beberapa titik,” lanjut Rudi.

Persebaya Surabaya memenangi derby Jawa Timur melawan Arema FC. Dalam laga yang berlangsung sengit ini, Bajul Ijo menang tipis 1-0 berkat gol di menit-menit akhir. (DBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here