Jokowi tinjau latihan atlet berkuda Asian Games
Jokowi tinjau latihan atlet berkuda Asian Games

Gemasamudra.com – Jakarta,Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus bisa berlangsung sukses. Ia juga meminta venue Asian Games bisa terus dimanfaatkan usai event tersebut berakhir.

“Ini yang paling penting. Venue-venue yang sudah kita bangun kemudian banyak yang kita perbaiki menelan biaya tidak sedikit. Pasca-Asian Games ini venue-venue harus kita kelola sehingga produktif,” kata Jokowi kepada mantan atlet renang Indonesia, Richard Sambera usai meninjau latihan berkuda atlet Indonesia di Depok, Jawa Barat, seperti yang disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Minggu (6/5/2018).

“Venue ini harus produktif. Harus dipakai latihan-latihan dalam rangka event-event besar ke depan,” sambungnya.

Baca Juga :   Ketua Fraksi PDIP DPRD Lampung Apriliati, S.H., M.H., Sambut Baik Audiensi dengan LPA Kota Bandar Lampung

Selain pemanfaatan venue, Jokowi juga berharap peralatan olahraga bisa diproduksi di dalam negeri. Menurutnya Indonesia sudah siap untuk memproduksi sendiri peralatan olahraga dan tak perlu menggunakan produk impor.

“Seperti tadi saya mendapat informasi mengenai celana untuk berkuda, kemudian sepatu berkuda, kenapa kita harus impor? Karena sebenarnya kita sendiri bisa buat. Kalau impor harga Rp3-4 juta, kalau dibuat di sini bisa Rp500-600 ribu,” ucap Jokowi.

“Kemudian misalnya meja pingpong. Kita sudah siap, kenapa harus impor? Produksi dalam negeri harus kita galakkan di bidang pendukung-pendukung untuk dunia olahraga kita,” tambahnya.

Baca Juga :   soal Kerusuhan Teroris di Mako Brimob,Jokowi Memberikan Pernyataan Lengkap

Selain itu, Jokowi juga menegaskan peran masyarakat sangat penting baik sebelu, saat pelaksanaan maupun usai perhelatan Asian GAmes 2018 nanti. Dia ingin masyarakat harus menggalakkan olahraga dan menjadikan sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.

“Iya, termasuk itu. Artinya pasca-Asian Games kita harus punya blueprint untuk dunia olahraga kita, untuk industri yang mendukung keolahragaan kita, dan memberikan demam kepada masyarakat agar giat berolahraga dalam rangka memberikan kesehatan kepada kita,” ujarnya.

Sementara itu, untuk atlet luar Indonesia yang akan berlaga di Asian Games nanti, Jokowi mengatakan harus bisa beradaptasi dengan cepat. Terlebih, kata Jokowi, para atlet negara sahabat tersebut hanya punya waktu seminggu untuk beradaptasi.

Baca Juga :   Seleksi Awal Capim KPK Ada Dua Putra Lampung Lolos

“Seperti berkuda ini nantinya kan untuk kompetisinya di Pulo Mas. Tapi latihannya bisa di Arthayasa seperti ini. Jadi tidak harus latihan di tempat venue yang akan digunakan bertanding. Saya kira kita punya venue untuk training dan venue untuk kompetisi. Saya kira berbeda itu. Saya melihat kesiapan kita sudah sangat baik,” jelasnya.

“Hanya sekali lagi, prestasi. Ini yang harus menjadi semangat kita,” tambahnya.
(DBS/DK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here