Boyolali,Gemasamudra.com – Kodim 0724/Boyolali menggelar latihan posko I tahun 2019 dengan mengusung tema, ”Kodim 0724/Boyolali Bersama Seluruh Komponen Bangsa Membantu Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”, Senin (27/5/2019).

Latihan posko yang digelar selama tiga hari dari tanggal 27 s/d 29 Mei 2019 ini dibuka langsung oleh Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay. Latihan ini sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam.

Baca Juga :   Selokan Mampet, Babinsa Kemlayan Dengan Sigap Membantu Warga Untuk Mengatasinya

“Latihan Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ungkap Danrem.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latihan posko adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0724/Boyolali khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada,” jelas Kolonel Inf Rafael Granada Baay.

Baca Juga :   Untuk Membentuk Karakter Yang Disiplin, Danramil 03/Serengan Berikan Materi Pelatihan kepada Linmas

Dalam latihan ini diskenariokan Kodim 0724/Boyolali melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam rangka mengurangi dampak bencana alam yang dapat terjadi di wilayah.

“Oleh karena itu , saya minta latihan posko ini benar benar dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih tinggi terhadap setiap jenis bencana yang terjadi diwilayah, serta mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan Protap yang sudah ada,” pungkas Danrem 074/Warastratama.(Penrem 074/Wrt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here