Gemasamudra.com,Pesawaran | Dalam rangka meningkatkan jejaring pemasaran antar kelompok nasabah ULaMM khususnya yang berada di wilayah Lampung. PT Permodalan Nasional Madani Cabang Lampung, mengadakan pelatihan bertajuk Pelatihan Pembuatan Kain Tapis Lampung sinergi ULaMM dan Mekaar bertempat di Aula Balai Desa Negeri Katon Pesawaran, pada Rabu sampai dengan Jumat 14 – 16 November 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 Peserta Mekaar Wilayah Pesawaran.

Beberapa Nasabah ULaMM Gedong Tataan merupakan pengusaha dan pengrajin kain tapis, mereka adalah pedagang besar yang menerima pesanan baik untuk pemasaran dalam negeri maupun ekspor. Para pengusaha kain tapis selama ini melakukan produksi dengan bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu jasa menenun dengan sistem maklun untuk memenuhi pesanan. Dalam hal ini pengusaha kain tapis memberikan model, kain yang sesuai pesanan konsumen untuk ditenun oleh para maklun.

Baca Juga :   Kadisdik Lamsel Bantu Pelajar Sakit Leukimia

Disisi lain PT PNM (Persero) mempunyai nasabah Mekaar yang cukup banyak, ada beberapa nasabah mekaar selain pelaku usaha mikro juga mereka membutuhkan keterampilan lain supaya bisa menambah penghasilan sehari-hari mereka. Guna mendorong dan menangkap peluang ini, PT PNM (persero) bermaksuk memberikan keahlian dan skill yang berhubungan dengan menenun kain tapis kepada nasabah Mekaar. Keahlian dan Skill nasabah Mekaar ini sangat berguna untuk bisa disinergikan dengan nasabah ULaMM yang mana nasabah ULaMM adalah pengusaha sekaligus pengrajin kain tapis. Dengan mengajarkan keahlian dan Skill menenun nasabah Mekaar di kecamatan Negeri Katon maka diharapkan tingkat perekonomian para nasabah Mekaar akan meningkat, begitu juga dengan pendapatan Nasabah UlaMM dapat meningkat juga.

Baca Juga :   Memprihatinkan MTS dan SMA Al-Irsyad Al Islamiyyah Hanura

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah meningkatan kompetensi wirausaha mitra ULaMM dan Mekaar, memberikan motivasi usaha untuk meningkatkan kinerja mitra UlaMM dan Mekaar, sebagai ajang silaturahmi yang terus terjalin antara nasabah agar selalu terjalin komunikasi dan hubungan baik antara nasabah dengan karyawan ULaMM dan Mekaar, serta terbentuknya komunitas yang berkembang antar sesama nasabah ULaMM dan Mekaar.

Pelatihan ini di hadiri ketua Dekranasda Kabupeten Pesawaran Ibu Nanda Indira Dendi,SE yang juga istri Bupati Pesawaran Bapak Dendi Ramadhona,ST serta ibu Winarni,SE kepala seksi pelayanan umum kecamatan Negeri Katon selain itu PNM juga menghadirkan narasumber Ibu Redawati (Nasabah ULaMM Gedong Tataan) yang akan memberikan pelatihan pembuatan kain Tapis Lampung. Program pengembangan kapasitas usaha melalui pelatihan dan pendampingan kepada Nasabah UlaMM Cabang Lampung merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen. (Rls/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here