Tulang Bawang Barat | Undang-Undang Desa telah menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa diberikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahtaraan masyarakat. Setiap tahun Pemerintah Pusat telah menganggarkan Dana Desa yang cukup besar untuk diberikan kepada Desa. Sedangkan Pada tahun 2018 Dana Desa dianggarkan sebesar Rp.60 triliun dengan rata-rata setiap desa sebesar Rp.800 juta.

Baca Juga :   Peran Aktif Babinsa Kelurahan Kratonan Dalam Pembukaan Penilaian Pukesmas Berprestasi

Seperti Realisasi Dana Desa Tahun 2018 pada Tahap l,ll dan III,di Tiyuh Dwi Kora Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat Fokus pada pembangunan Utamanya sekali pada pembangunan yakni pada fisik diantaranya yaitu:
-kegiatan Pemeliharaan Gedung Paud TK dengan nominal Rp.16.641.000,-,
-Pemeliharaan Gedung TPA Rp. 13.086.000,-,
-Pembangunan Draenase Rp. 315.528.000,-,
Pelebaran Badan Jalan Rp.126.680.000,-.
-Pembangunana Gorong-gorong Rp.37.127.000,-,.
-Pembangunan Taman Sehati Rp.107.715.000,-,.

Baca Juga :   Senator Fachrul Razi Bagikan Santunan dan Bantuan Alquran ke Anak Yatim

Kepalow tiyuh Dwi kora Jaya Sugijono menyampaikan kepada Media Gemasamudra bahwa, pendapatan dana desa di tahun 2018 penyerapannya terbagi di beberapa bidang yakni pada bidang pembangunan Tiyuh serta pada bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Untuk dana desa kita alokasi sesuai dengan peruntukannya serta prioritas utama, diharapkan aparatur tiyuh bersama masyarakat diminta untuk memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya demi mewujudkan pemerataan pembangunan di tiyuh untuk kepentingan masyarakat,” harapnya Sugijono.

Baca Juga :   Berbahasa, Bagian Prokompim Pemkab Mesuji Gelar Bimtek

Lanjut, Menurutnya setiap kegiatan yang ada di Tiyuh Dwi kora jaya berdasarkan hasil prioritas yang ditetapkan dalam perencanaan saat musyawarah desa (Musdes), masyarakat diberi kebebasan untuk menentukan skala prioritas.tutup nya”(I/Y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here