Listen to this article

Gema Samudra, Daerah, Lampung

Tulang Bawang Barat | Berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tiyuh Indraloka II tahun 2017-2018 yang merupakan RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa). Program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa pada tahun 2017-2018 dilakukan dibalai desa indraloka II.

Program ini bertujuan untuk membentuk penggalian kemampuan pribadi, kreatifitas, kompetensi, dan daya fikir serta tindakan yang lebih baik dari waktu sebelumnya serta menciptakan lingkungan yang memiliki etos kerja yang baik sehingga mampu menciptakan kondisi yang sehat dan saling menguntungkan.

Ketika diinvestigasi oleh Wartawan media ini terhadap Nengah Parte S. Pd selaku Kepala Tiyuh Indraloka II mengatakan pengaplikasian Dana Desa sangat menguntungkan dan dapat menaikkan ekonomi masyarakat di Tiyuh Indraloka II. Jelasnua,”Anggaran Dana Desa ini kami pergunakan untuk Pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayan masyarakat antara lain ; Untuk pembuatan jalan onderlagh yang ada di suku 2 dengan Volume panjang 746,20 m dan lebar 3 m dan menghabiskan dana anggaran sebesar Rp 230.391.000,

Baca Juga :   Koramil 04/Jebres Dan Warga Jati Rejo Mojosongo Kerja Bakti Wujudkan Wilayah Yang Berseri

pembangunan 2 buah jembatan yang terletak di Rt 5 Rw 2 dan di Rt 12 Rw 3 dengan volume panjang 3 m dan lebar 5 m dengan anggaran dana sebesar Rp 189.368.856, serta untuk pembelian alat atau mesin pembuatan beras tiwul sebanyak 6 unit dengan anggaran dana sebesar Rp 128.680.000 yang sekarang mesin tersebut berada di tiap-tiap suku  sebanyak 1 unit, paparnya

Baca Juga :   Ombudsman RI Perwakilan Lampung Angkat Bicara Soal Kebijakan Inspekturat Kabupaten Tubaba

Dikatakan oleh warga sekitar yang ditemui wartawan ini mengatakan “Kebersamaan  yang dilakukan oleh Nengah Parte S. Pd selaku Kepala Tiyuh Indraloka II bersama masyarakat sangat terapresiasi dengan diadakannya gotong royong bersama, ikut sertanya andil dalam kegiatan posyandu, dll.

“Agar semua tau yang membuahkan hasil program beliau bisa meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar, Dengan adanya pembelian alat atau mesin pengolahan bahan pangan singkong menjadi beras tiwul,”Sehingga masyarakat bisa membuat beras tiwul lebih mudah dan masyarakat mempunyai penghasilan lebih dengan dijualnya beras tiwul yang harganya terjangkau oleh masyarakat, ” Mengingat pentingnya beras tiwul untuk kesehatan serta naiknya harga beras akhir-akhir ini sehingga membuat  masyarakat banyak  yang beralih menjadikan beras tiwul sebagai makanan utama tutupnya.

Baca Juga :   Makodim 0426 Tulang Bawang Menggelar Baksos Donor Darah

Pewarta : Rd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here