Gemasamudra.com – lifestyle

Tak hanya mobil dengan warna putih yang digemari, mobil berwarna hitam pun masih memiliki pengagumnya sendiri. Tapi, saat sudah memilih mobil berwarna hitam, jangan lupa untuk dirawat.

Mobil berwarna hitam juga bisa kusam. Jika itu terjadi, bisa-bisa mobilmu tak menarik lagi. Dikutip dari situs resmi Daihatsu, berikut cara merawat cat hitam agar terus terjaga mulai dari proses mencucui dengna baik hingga penyimpanan mobil.

Cuci Mobil di Pagi atau Sore Hari

Setelah dicuci, seka menggunakan lap khusus yang berbagan microfiber hingga benar-benar kering. Hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur yang bisa berkembang dengan sangat cepat. Jamur tersebut bisa terjadi jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas matahari.

Perhatikan Teknik Mengelap

Lakukan proses mengelap dengan gerakan searah dengan tujuan menghindari baret halus dan swirl (sarang laba-laba).

Lakukan Proses Detailing danPaint Protection

Karena lapisan pernis di cat mobil warna hitam sangat tipis sehingga bisa membuat mobil terlihat lebih cepat kusam. hal ini bertujuan agar lapisan pernis tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret swirl. Proses detailling idealnya dilakukan setidaknya setahun sekali.

Hindari Penggunaan Sabun yang Berbahan Detergen

Sifat kimiawi detergen dalam jangka waktulama dapat membuat lapisan cat menjadi lebih cepat kusam. Disarankan untuk menggunakan shampoo dan sabun berbahan dasar air yang kini banyak tersedia di pasaran.

Gunakan Kemoceng untuk Bersihkan Debu Cukup Diseka

Ketika hendak membersihkan kotoran atau debu yang melekat pada cat mobil dengan menggunakan kemoceng, sebaiknya cukup diseka saja, dan jangan ditekan berlebihan. Karena menyeka dengan tekananyang berlebih bisa menimbulkan baret.

Pastikan Mobil Bersih saat Gunakan Sarung Mobil

Pastikan terlebih dahulu jika mobil sudah dalam keadaan benar-benar bersih dari debu. Karena debu mudah tertimbun dalam waktu yang cepat. Pilihlah sarung mobil yang terbaut dari bahan halus agar tidak sampai menggores lapisan cat mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here